FAKULTAS AGAMA ISLAM
Dekan : Drs. Abdul Wahab, MA
Sekretaris : Drs. Mahrus
Alamat : Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pengesahan Mataram
A. Kedudukan
Fakultas Agama Islam adalah unsur pelaksana sebagai tugas pokok dan fungsi Universitas Muhammadiyah Mataram di bidang ilmu- ilmu agama islam, dipimpin oelh seorang dekan dan dibantu oleh sekretaris dekan.
Fakultas Agam Islam berdiri pada tanggal, 5 Mei 2010 dengan surat keputusan direktur jendral pendidikan Islam Nomor : Dj. I/2010.
Pada awal berdiri fakultas agama islam universitas Muhammadiyah mataram, membuka program studi : Pendidikan bahasa arab S1
B. Visi
Menjadi Fakultas teladan dalam membentuk intelektual yang Islami dan Amanah
C. Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, pengembangan ilmu, pemikiran serta konsep keislaman menuju era modernisasi dan penyesuaian zaman:
2. Melakukan penelitian dan bidang ilmu keagamaan untuk menentukan permasalahan-permasalahan terbaru guna dikembangkan dan dilaksanakan ;
3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam perbaikan moral dan material;
4. Memberikan sumbangan pemikiran kepada persyarikatan Muhammadiyah.
D. Tujuan
1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesioonal yang dapat menetapkan, mengembangkan, menciptakan ilmu agama Islam.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama islam serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan tahaf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Ketua Program Studi : Nasarudin, M.Pd
Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah untuk memenuhi kebutuhan Guru yang profesional yang kopenten sesuai klasifikasi yang dipersyaratkan oleh UU N0 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, selain dari pada itu lulusan program studi bahasa arab di persiapkan menjadi Pengajar Bahasa Arab aktif (lisan dan tulisan) dalam bidang studi Islam dan disarat Islamiyah di Sekolah menengah maupun di Pondok Pesantren.
A. Visi
“Unggul dan terkemukan dalam Pendidikan Bahasa Arab yang berbasis pemanduan keislaman dan keilmuan”
B. Misi
1. Menghasilkan calon guru bahasa arab dan tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki keunggulan konfentitif.
2. Menghasilkan sarjana dibidang Bahasa Arab dan Pendidikan Islam, dan
3. Membekali Mahasiswa dengen kemampuan berbahasa arab yang memungkinkan mereka berpeluang untuk bekerja sebagai pegawai, penterjemah, guide dan lain-lain.
C. Dosen
1. Drs. Abdul Wahab, MA
2. Drs. H. Mahrus
3. Nasarudin, M.Pd
4. Rukimin, M.Pd
5. Muhirdan, M.S.I
6. Muhammad Nasir, S.Pd.I
7. Sukarta, S.Pd.I
KURIKULUM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
A. Rumusan Kompetensi Lulusan
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab S1 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi lulusan sebagai berikut :
TUJUAN PRODI | |
Menghasilkan sarjana muslim yang mampu menjadi guru bahasa Arab yang profesional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah | |
KOMPETENSI | INDIKATOR |
1. Memahami wawasan pendidikan secara komprehensif. | a. Menjelaskan dan menguraikan wawasan pendidikan umum dan Islam: sejarah, filsafat, kebijakan, teori, tokoh dan pemikirannya, metodologi dan institusi. b. Menjelaskan aplikasi teori-teori pendidikan dalam pembelajaran pendidikan Bahasa Arab. |
2. Menguasai ilmu-ilmu Bahasa Arab dan metodologi Pembela-jarannya | a. Mampu menjelaskan substansi ilmu-ilmu Bahasa Arab: linguisTeknologi Informasi dan Komunikasiteoritis dan terapan, ilmu al ashwat, ilmu as sharf, ilmu al balaghah dan ilmu addillah. b. Mampu menjelaskan metodologi pembelajaran Bahasa Arab, pendekatan, metode, teknik, media dan evaluasi. |
3. Memiliki sikap demo-kratis. | a. Menyampaikan kebebasan berpendapat. b. Menghargai pendapat orang lain. c. Tidak memaksakan kehendak. |
4. Memiliki profesiona-lisme dalam melak-sanakan tugas. | a. Menekuni dan mencintai profesinya. b. Melaksanakan tugas secara efisien dan efektif. c. Meningkatkan dan mengembangkan profesi. |
5. Mencintai ilmu penge-tahuan. | a. Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuan akademik yang telah dimikilinya. b. Menghargai disiplin ilmu orang lain. |
6. Memiliki sikap res-ponsif, inovatif dan kreatif. | a. Tanggap terhadap perkembangan pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab. b. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab. c. Menghasilkan kreasi-kreasi baru dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab. |
7. Memiliki sikap kete-ladanan dalam melak-sanakan tugas. | a. Menampilkan sikap keteladanan. b. Disiplin dan menunjukkan etos kerja. c. Menghargai waktu d. Mampu bekerja sama |
8. Terampil menerang-kan teori-teori kepen-didikan dalam melak-sanakan pembelajaran pendidikan bahasa Arab | a. Merencanakan pembelajaran pendidikan bahasa Arab b. Mengevaluasi pembelajaran pendidikan bahasa Arab c. Menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran pendidikan bahasa Arab |
9. Memiliki ketrampilan berbahasa Arab | a. Dapat mengakses teks berbahasa Arab b. Dapat berbahasa Arab secara lisan dan tulisan |
B. Beban Studi
Kurikulum yang disediakan dalam penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab S1 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram merujuk pada Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag RI Nomor : DJ.II/ 114/ 2005 tentang Penetapan Standar Minimal Kompetensi Dasar dan Kompetensi Utama Lulusan Program Strata Satu Perguruan Tinggi Agama Islam dengan fokus penerapan pendekatan competency-based yang akan berimplikasi pada corak pembelajaran program.
Peserta Program Pendidikan Bahasa Arab S1 dinyatakan menyelesaikan studi bilamana yang bersangkutan telah menyelesaikan 154 SKS yang ditempuh dalam 8 (delapan) semester dan kepadanya berhak diberikan gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI).
C. Struktur Kurikulum dan Distribusi Mata Kuliah
Secara rinci struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab S1 di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram dipaparkan sebagai berikut:
1. Rumpun MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) :
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II101 | Kemuhammadiyahan 1 | 2 |
2 | 14962II102 | Kemuhammadiyahan 2 | 2 |
3 | 14962II103 | Civic Education | 2 |
4 | 14962II104 | Akhlak | 2 |
5 | 14962II105 | Praktik Ibadah | 1 |
6 | 14962II106 | Al-Qur’an | 2 |
Jumlah SKS | 11 |
2. Rumpun MKK (Mata Kuliah Kelimuan dan Ketrampilan) :
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II201 | Ilmu Pendidikan | 2 |
2 | 14962II202 | Ilmu Pendidikan Islam (IPI) | 2 |
3 | 14962II203 | Filsafat Ilmu | 2 |
4 | 14962II204 | Bahasa Indonesia | 2 |
5 | 14962II205 | Bahasa Arab 1 | 2 |
6 | 14962II206 | Bahasa Arab 2 | 2 |
7 | 14962II207 | Bahasa Arab 3 | 2 |
8 | 14962II208 | Bahasa Arab 4 | 2 |
9 | 14962II209 | Bahasa Arab 5 | 2 |
10 | 14962II210 | Bahasa Arab 6 | 2 |
11 | 14962II211 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
12 | 14962II212 | Bahasa Inggris 2 | 2 |
13 | 14962II213 | Bahasa Inggris 3 | 2 |
14 | 14962II214 | Administrasi Pendidikan | 2 |
15 | 14962II215 | Metodologi Studi Islam (MSI) | 2 |
16 | 14962II216 | Sejarah Peradaban Islam (SPI) | 2 |
17 | 14962II217 | Ulumul Qur’an | 2 |
18 | 14962II218 | Ulumul Hadits | 3 |
19 | 14962II219 | Ushul Fiqh | 3 |
20 | 14962II220 | Ilmu Kalam | 2 |
21 | 14962II221 | Tafsir | 2 |
22 | 14962II222 | Hadits | 3 |
23 | 14962II223 | Fiqh | 3 |
24 | 14962II224 | Materi Pembelajaran Bahasa Arab | 3 |
Jumlah SKS | 53 |
3. Rumpun MKB (Mata Kuliah Kahlian Berkarya) :
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II301 | Bimbingan Konseling | 2 |
2 | 14962II302 | Statistik Pendidikan | 2 |
3 | 14962II303 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 |
4 | 14962II304 | Teori Pembelajaran | 2 |
5 | 14962II305 | Media Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
6 | 14962II306 | Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (MPBA) | 2 |
7 | 14962II307 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
8 | 14962II308 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
9 | 14962II309 | Manajemen Kelas | 2 |
10 | 14962II310 | Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab | 2 |
11 | 14962II311 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab (MP PBA) 1 | 2 |
12 | 14962II312 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab (MP PBA) 2 | 2 |
13 | 14962II313 | Seminar proposal | 2 |
14 | 14962II314 | Skripsi | 6 |
Jumlah SKS | 32 |
4. Rumpun MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) :
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II401 | Mufradat 1 | 2 |
2 | 14962II402 | Mufradat 1 | 2 |
3 | 14962II403 | Sharaf 1 | 2 |
4 | 14962II404 | Sharaf 2 | 2 |
5 | 14962II405 | Nahwu 1 | 2 |
6 | 14962II406 | Nahwu 2 | 2 |
7 | 14962II407 | Nahwu 3 | 2 |
8 | 14962II408 | Balaghah 1 | 2 |
9 | 14962II409 | Balaghah 2 | 2 |
10 | 14962II410 | Balaghah 3 | 2 |
11 | 14962II411 | Istima’ | 2 |
12 | 14962II412 | Qawaidul Imla’ | 2 |
13 | 14962II413 | Muhadasah | 3 |
14 | 14962II414 | Muthala’ah 1 | 2 |
15 | 14962II415 | Muthala’ah 2 | 2 |
16 | 14962II416 | Khitabah 1 | 2 |
17 | 14962II417 | Khitabah 2 | 2 |
18 | 14962II418 | Ilmu Lughah | 2 |
19 | 14962II419 | Fiqh Lughah | 2 |
20 | 14962II420 | Tarjamah 1 | 2 |
21 | 14962II421 | Tarjamah 2 | 2 |
22 | 14962II422 | Insya’ 1 | 2 |
23 | 14962II423 | Insya’ 2 | 2 |
24 | 14962II424 | Tarikh Adab | 2 |
Jumlah SKS | 48 |
5. Rumpun MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat) :
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II501 | Ilmu Alamiah Dasar | 2 |
2 | 14962II502 | Kuliah Kerja Nyata | 3 |
3 | 14962II503 | Micro Teaching | 2 |
4 | 14962II504 | Praktik Pengalaman Lapangan | 4 |
Jumlah SKS | 11 |
6. Mata Kuliah Tambahan
No | Kode MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | 14962II601 | Matrikulsi Istima’ 1 | 0/2 |
2 | 14962II602 | Matrikulsi Istima’ 2 | 0/2 |
3 | 14962II603 | Matrikulsi Muhadasah 1 | 0/2 |
4 | 14962II604 | Matrikulsi Muhadasah 2 | 0/2 |
5 | 14962II605 | Hifzul Qur’an 1 | 0/2 |
6 | 14962II606 | Hifzul Qur’an 2 | 0/2 |
7 | 14962II607 | Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) 1 | 0/2 |
8 | 14962II608 | Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) 2 | 0/2 |
Jumlah SKS | 0/16 |
D. Sebaran Kurikulum Prodi PBA
SEMESTER I
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II106 | Al-Qur’an | 2 |
2 | 14962II103 | Civic Education | 2 |
3 | 14962II211 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
4 | 14962II205 | Bahasa Arab 1 | 2 |
5 | 14962II206 | Bahasa Arab 2 | 2 |
6 | 14962II207 | Bahasa Arab 3 | 2 |
7 | 14962II401 | Mufradat 1 | 2 |
8 | 14962II201 | Ilmu Pendidikan | 2 |
9 | 14962II203 | Filsafat Ilmu | 2 |
10 | 14962II101 | Kemuhammadiyahan 1 | 2 |
11 | 14962II601 | Matrklikulasi Istima’ 1 | 0/2 |
12 | 14962II603 | Matrikulasi Muhadasah 1 | 0/2 |
13 | 14962II605 | Hifzul Qur’an 1 | 0/2 |
14 | 14962II607 | Teknologi informasi dan komunikasi1 | 0/2 |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER II
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II204 | Bahasa Indonesia | 2 |
2 | 14962II218 | Ulumul Hadits | 2 |
3 | 14962II212 | Bahasa Inggris 2 | 2 |
4 | 14962II208 | Bahasa Arab 4 | 2 |
5 | 14962II209 | Bahasa Arab 5 | 2 |
6 | 14962II210 | Bahasa Arab 6 | 2 |
7 | 14962II402 | Mufradat 2 | 2 |
8 | 14962II403 | Sharaf 1 | 2 |
9 | 14962II405 | Nahwu 1 | 2 |
10 | 14962II102 | Kemuhammadiyahan 2 | 2 |
11 | 14962II607 | Teknologi informasi dan komunikasi 2 | 0/2 |
12 | 14962II602 | Matrklikulasi Istima’ 2 | 0/2 |
13 | 14962II604 | Matrikulasi Muhadasah 2 | 0/2 |
14 | 14962II606 | Hifzul Qur’an 2 | 0/2 |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER III
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II221 | Tafsir | 2 |
2 | 14962II202 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
3 | 14962II223 | Fiqh | 3 |
4 | 14962II222 | Hadits | 2 |
5 | 14962II406 | Nahwu 2 | 2 |
6 | 14962II408 | Balaghah 1 | 2 |
7 | 14962II412 | Qowaidul Imla’ | 3 |
8 | 14962II404 | Sharaf 2 | 2 |
9 | 14962II501 | Ilmu Alamiah Dasar (IAD) | 2 |
10 | 14962II213 | Bahasa Inggris 3 | 2 |
Jumlah SK | 22 |
SEMESTER IV
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II217 | Ulumul Qur’an | 2 |
2 | 14962II220 | Ilmu Kalam | 2 |
3 | 14962II302 | Statistik Pendidikan | 2 |
4 | 14962II219 | Ushul Fiqh | 3 |
5 | 14962II304 | Teori Pembelajaran | 2 |
6 | 14962II407 | Nahwu 3 | 2 |
7 | 14962II409 | Balaghah 2 | 2 |
8 | 14962II312 | Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
9 | 14962II214 | Administrasi Pendidikan | 2 |
10 | 14962II216 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
11 | 14962II301 | Bimbingan Konseling | 2 |
Jumlah SKS | 23 |
SEMESTER V
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II411 | Istima’ | 2 |
2 | 14962II215 | Metodologi Studi Islam | 2 |
3 | 14962II410 | Balaghah 3 | 2 |
4 | 14962II413 | Muhadasah | 3 |
5 | 14962II414 | Muthala’ah 1 | 2 |
6 | 14962II420 | Tarjamah 1 | 2 |
7 | 14962II416 | Kitabah 1 | 2 |
8 | 14962II307 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
9 | 14962II310 | Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab | 2 |
10 | 14962II305 | Media Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
11 | 14962II418 | Ilmu Lughah | 2 |
Jumlah SKS | 23 |
SEMESTER VI
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II424 | Tarikh Adab | 2 |
2 | 14962II419 | Fiqh Lughah | 2 |
3 | 14962II415 | Muthala’ah 2 | 2 |
4 | 14962II421 | Tarjamah 2 | 2 |
5 | 14962II422 | Insya’ 1 | 2 |
6 | 14962II104 | Akhlak | 2 |
7 | 14962II311 | Metodologi Penelitian pendidikan Bahasa Arab 1 | 2 |
8 | 14962II308 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
9 | 14962II309 | Manajemen Kelas | 2 |
10 | 14962II503 | Micro Teaching | 2 |
11 | 14962II416 | Kitabah 2 | 2 |
12 | 14962II105 | Praktik Ibadah | 1 |
Jumlah SKS | 23 |
SEMESTER VII
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II303 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 |
2 | 14962II312 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab 2 | 2 |
3 | 14962II423 | Insya’ 2 | 2 |
4 | 14962II313 | Seminar proposal | 2 |
5 | 14962II504 | Peraktik Pengalaman Lapangan | 4 |
6 | 14962II224 | Materi Pembelajaran Bahasa Arab | 2 |
Jumlah SKS | 14 |
SEMESTER VIII
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | 14962II502 | KKN | 3 |
2 | 14962II314 | Skripsi | 6 |
Jumlah SKS | 9 |
E. Standar Penilaian
NILAI UJIAN KENDALI MUTU | |||
Angka | Huruf | Keterangan | |
Interval skor | Interval skor | ||
91 - 100 | 3.76-4.00 | A+ | Lulus |
86 - 90 | 3.51-3.75 | A | Lulus |
81 - 85 | 3.26-3.50 | A- | Lulus |
76 - 80 | 3.01-3.25 | B+ | Lulus |
71 - 75 | 276-3.00 | B | Lulus |
66 - 70 | 2.51-2.75 | B- | Lulus |
61 - 65 | 2.26-2.50 | C+ | Lulus |
56 - 60 | 2.01-2.25 | C | Lulus |
51 - 55 | 1.76-2.00 | C- | Tidak Lulus |
<50 | <1.75 | D | Tidak Lulus |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar